Binahong, Tanaman Obat Berjuta Khasiat


Binahong, tanaman berjuta khasiat

Binahong? Apa sih itu? Makanan? Obat? Tanaman? Pertanyaan itu keluar begitu pertama kali saya mendengar kata “Binahong” dari seorang rekan. Apa anda juga menanyakan hal yang sama? Saya yakin seperti itu. Ketiga hal yang saya tanyakan diatas ternyata berhubungan dengan Binahong. Karena binahong yang kita bicarakan ini adalah sejenis tanaman merambat yang dapat dimakan langsung maupun dengan pemasakan tertentu dan hebatnya lagi binahong ini berkhasiat sebagai obat untuk berbagai macam penyakit.

Ada cerita menarik, konon pada saat perang Vietnam beberapa dekade lalu, para tentara Amerika terheran-heran, bagaimana bisa tentara Vietkong yang sebelumnya terluka parah ternyata kembali terlihat segar bugar dalam pertempuran berikutnya. Setelah ditelusuri, obat mujarab Vietkong untuk menyembuhkan luka luar maupun dalam akibat tembakan maupun goresan senjata tajam adalah binahong.

Tumbuhan binahong atau yang didaratan China lebih dikenal dengan nama “Dheng San Chi”  ini misterius, karena belum banyak literatur maupun penelitian ilmiah yang mengungkapkan khasiatnya. Secara empiris tumbuhan ini dikenal memiliki khasiat penyembuhan yang luar biasa dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Cina, Korea, dan Taiwan.

Khasiat penyembuhan binahong antara lain untuk :
- Percepatan penyembuhan luka dalam dan luar pasca operasi
- Pembengkakan jantung
- Pembengkakan liver
- Asam urat dan sakit pinggang
- Thipus
- Radang usus
- Maag
- Ambeien
- Menyembuhkan pembengkakan dan pembekuan darah
- Memulihkan kondisi lemah setelah sakit
- Rematik, luka memar terpukul dan terkilir
- Mencegah stoke
- Diabetes
- Kesuburan kandungan

Pengakuan pengguna diungkapkan Umi, ibu rumah tangga yang baru saja melahirkan anak kedua melalui operasi caesar. Ia tahu binahong dari cerita teman yang memiliki pengalaman serupa.

“Aku minum kapsul binahong yang banyak dijual di toko obat Cina. Setelah minum tiga kapsul, luka bekas sayatan caesar mengering. Padahal, waktu anak pertama, luka operasi caesar lama keringnya,” tuturnya.

Ramuan binahong, diyakini Umi, tidak hanya menyembuhkan luka dari dalam, tetapi juga membuat tubuhnya tetap bugar.

Hal serupa diungkapkan Joni (40 tahun) seorang security. Joni selalu mengunyah tiga lembar daun binahong yang telah dicuci bersih setelah kerja lembur semalaman. “Pegal hilang, badan jadi segar lagi,” ujarnya.

Belum Diteliti
Secara empiris beragam khasiat binahong telah diakui, tetapi tidak secara ilmiah. Meski tumbuhan ini cukup dikenal di negara Eropa maupun Amerika, para ahli di sana belum tertarik untuk mengurai materi kimia di dalamnya secara serius dan mendalam.

Namun, seperti diungkapkan dalam situs di luar negeri, tumbuhan yang juga dikenal dengan sebutan Madeira Vine ini dipercaya memiliki kandungan antioksidan tinggi dan antivirus. Kini tumbuhan ini masih diteliti meski dalam lingkup terbatas, seperti bagaimana efektivitasnya pada tikus percobaan.  Hasilnya cukup menjanjikan. Tikus yang disuntik ekstrak binahong memiliki tingkat daya tahan yang bagus. Indikatornya, agresivitas tikus dengan ekstrak binahong lebih bagus dibandingkan dengan yang tidak dan juga tidak mudah sakit.

Secara alami binahong atau Anredera Cordifolia seperti disebutkan dalam Wikipedia, merupakan jenis tumbuhan menjalar, berumur panjang (perenial), bisa mencapai panjang kurang lebih lima meter. Berbatang lunak, silindris, saling membelit, berwarna merah, bagian dalam solid, permukaan halus, kadang membentuk semacam umbi yang melekat di ketiak daun dengan bentuk tak beraturan dan bertekstur kasar.

Daunnya termasuk jenis tunggal, bertangkai sangat pendek (subsessile), tersusun berseling, berwarna hijau, bentuk jantung (cordata), panjang 5-10 cm, lebar 3-7 cm. Helaian daun tipis lemas, ujung runcing, pangkal berlekuk (emerginatus), tepi rata, permukaan licin, dan aman untuk dikonsumsi.

Bunganya majemuk berbentuk tandan, bertangkai panjang, muncul di ketiak daun, mahkota berwarna krem keputih-putihan berjumlah lima helai tidak berlekatan, panjang helai mahkota 0,5-1 cm, berbau harum. Akarnya berbentuk rimpang, berdaging lunak.

Tumbuhan ini mudah diperlihara dan cocok dengan iklim tropis Indonesia. Permintaan yang tinggi akan kapsul binahong, mendorong beberapa pihak untuk memproduksinya. Saat ini, kapsul binahong bermunculan di pasaran dalam berbagai merek.

Namun jika masih bingung dan ragu, tak ada salahnya menanam sendiri sekaligus melengkapi koleksi tanaman obat Anda di rumah. Selain mudah ditanam, seluruh bagian tanaman binahong, mulai dari akar, batang, hingga daunnya, bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Selamat mencoba!

About these ads

20 Tanggapan to “Binahong, Tanaman Obat Berjuta Khasiat”

  1. ginanjar Says:

    Saya mencari kapsul binahong, tetapi belum dapet. kalau tehnya saya sudah dapat. mohon informasi kepada saudara-saudara, dimana saya bisa dapat kapsul tersebut

    Ginanjar

    • eNHa Farm Says:

      Pak Ginanjar, saat ini kami sudah memproduksi Binahong namun masih dalam bentuk bahan mentah (daun dan umbi). Sekarang dalam tahap proses pengetesan pembuatan Kapsul. Jika Bapak butuh, bisa infokan alamat Bapak. Begitu kami selesai produksi akan kami kirimkan.

  2. lajuardy Says:

    askm..
    saya mahasiswa tingkat akhir dari univ. djuanda bogor. saya tertarik untuk membudidayakan binahong atau Anredera Cordifolia ini…bila bapak berkenan saya ingin mendapatkan info tentang cara pembudidayaannya… trimakasih…
    waskm…

    • eNHa Farm Says:

      Silahkan saja hubungi kontak kami Mas Lajuardy. Kami terbuka untuk share informasi terkait.

      • dino Says:

        Sy jg tertarik untuk mendapatkan binahong, terutama untuk mengobati ibu sy..bisa ga sy mendapatkan informasi bagaimana cara mendapatkan & cara budidayanya? Untuk nama yg umumnya apa ya ? sy sngat membutuhkan sekali informasi obat ini. trima kasih atas bantuannya.
        Apabila berkenan, tlg sy dikirimi info ke alamat email sy.

  3. 5 Tanda-tanda Utama Penyakit Jantung « Lintah Indonesia Says:

    [...] Binahong, Tanaman Obat Berjuta Khasiat [...]

  4. andika Says:

    mau tanya, untuk daerah semarang apakah ada layanan terapi lintah??karena saya posisi disemarang ingin mencoba terapi lintah untuk kesehatan….

  5. yanti Says:

    dimana terapi lintah untuk daerah bandung? kira” biaya berapa?

  6. berry Says:

    bagai mana mengolah binahong agar menjadi obat???????????

  7. SASTRAJENDRA (CIREBON) Says:

    Saya punya tanamanya dengan tanah yang kualitas baik sehingga daun yang tumbuh luar biasa besar-besar (SUPERRR) banyak tetangga kawan DLL yg minta (biasanya pasca oprasi,melahirkan,kecelakaan dll), saya suka tanaman ini MANTABBB…

  8. maLa Says:

    sy mau melakukan penelitian khasiat tanaman bihanong tapi belum dapat sampelnya….
    kira2 klo sy beli dsni sampelnya bisa g???

    • eNHa Farm Says:

      Bisa Mbak Mala.
      Kami siap mensupport, jika dibutuhkan. Silahkan hubungi : (021) 97655556.
      Semoga berguna bagi pengembangan pengetahuan di Indonesia.

  9. susilawati Says:

    bagaimana cara membuat kapsul binahong..?

  10. umarpapua Says:

    Informasi yang sangat berguna, mari mengenal juga obat alami dari Papua.

  11. Dudick Lahenda Says:

    Sekitar bogor kalau ada yang butuh bibit binahong gratis silahkan hubungi: 081553258296 (Dudick….jln. wangun no. 385. E. .ciawi-tajur. bogor)

  12. Red Says:

    sampai sekarang saya rajin minum teh binahong.

  13. frans Says:

    salam,
    saya punya tanaman 2 pokok, dan tumbuh sangat subur,
    bagaimana cara pemasarannya apabila saya menjadi petani binahong?

    tks

  14. mursya budi yani Says:

    ibu sy pasca operasi diabetes lukanya di seluruh betis
    bisakah mengkumsusi binahong

  15. iwan ruhawan Says:

    Minta cara pembuatan kapsul binahong

  16. darya Says:

    Sekitar 4 bulan saya pengguna daun binahong: Karena saya udah berusia 54th, jadi asam urat dan rematik serta rasa badan sering gampang terpantik oleh makanan-makanan hoby yang beresiko, dengan rutin minum jus binahong, semuanya yg beresiko tadi sama sekali teratasi, alhamdulillah…


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 91 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: