Lintah Indonesia di Cita-citaku Trans7


“Ingin jadi apa kalo sudah besar nanti? Pertanyaan yang kerap singgah saat kita kecil. Ada yang beruntung dapat mewujudkan cita-citanya namun tidak sedikit yang cita-citanya kandas di tengah jalan karena kondisi yang tidak memungkinkan. Fenomena itulah yang coba diangkat dalam program TRANS7, Cita-citaku. Melalui program Cita-citaku, diberikan kesempatan kepada anak-anak yang memiliki keinginan besar untuk mewujudkan cita-citanya dalam sekejap. Dengan memberikan kesempatan tersebut, diharapkan terwujud  kesempatan bagi anak-anak tersebut kelak saat mereka dewasa.”

Demikian sinopsis program acara Cita-citaku di TRANS7. Sungguh sebuah acara sangat bagus, edukatif sekaligus menumbuhkan semangat wirausaha semenjak kecil. Dengan semangat yang sama dan bagian dari tanggungjawab sosial, eNHa Farm dengan tangan terbuka menerima kru dari TRANS7 pada 28 – 30 Agustus 2010 lalu.

Suasana audisi cita-citaku

Pada beberapa hari sebelumnya, eNHa menemani kru Trans7 untuk mencari pemeran yang akan dijadikan tokoh cerita dari Cita-citaku kali ini. Mengingat untuk acara ini, sesuai disampaikan Kak Didit Trans7, yang menjadi figur utama adalah anak-anak usia Sekolah Dasar sekitar kelas 4 – 6, maka berdasarkan diskusi bersama, disepakati untuk mencari pemeran yang berasal dari sekitar wilayah eNHa Farm.

Nah, gambar disamping ini, di ambil saat Kak Didit dan Kak Uthe dari Trans7 melakukan audisi calon pemeran di SDN Krukut 02 – Depok. Dimana pada audisi ini, dilakukan beberapa games dan uji nyali bagi para siswa untuk memegang lintah. Waaah! Salut, ternyata para siswa sangat antusias dan hampir semuanya berani untuk memegang lintah yang dibawa Kak Uthe. Dari audisi tersebut, dipilihlah 4 orang siswa yang kesemuanya lucu dan menggemaskan.

Menyiapkan kolam lintah

Pada hari pertama shooting, diskenariokan adik cita-citaku dijelaskan mengenai lintah yang sekarang sudah diternakkan. Adik cita-citaku pun bingung: “Lintah kok di ternak ya?”. Lalu eNHa menjelaskan betapa banyaknya kegunaan lintah bagi manusia terutama bagi kesehatan dan kesemuanya itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Untuk memastikan lintah yang ada di alam tidak di eksploitasi habis-habisan, maka harus ada upaya memanfaatkan lintah dengan tetap menjaga keseimbangan lingkungan. Maka dari itu lintah diternakkan.

Setelah menerima penjelasan di atas, adik cita-citaku dengan riang gembira di ajak untuk belajar mempersiapkan kolam yang akan digunakan untuk menternak lintah. Kolam yang dipersiapkan merupakan salah satu kolam eNHa Farm di Depok.

Adik cita-citaku menjemur lintah

Pada hari kedua shooting, diberikan pelajaran kepada adik cita-citaku bagaimana membuat produk turunan lintah. Hal yang eNHa ajarkan berupa cara membuat lintah kering dan juga pembuatan minyak lintah secara tradisional.

Adik cita-citaku diajari bagaimana cara memilih lintah yang akan dikeringkan, cara awal mengeringkan lintah dan mengeringkan lintah tradisional dengan menjemur di terik matahari.

Adik cita-citaku juga diajari bagaimana menbuat minyak lintah dengan cara yang biasa dilakukan pada pembuat minyak lintah tradisional.

Kegembiraan terlihat memancar dari rona mata adik cita-citaku saat dijelaskan langkah demi langkah cara pembuatan lintah kering dan minyak lintah tersebut.


Shooting saat Terapi lintah

Pada hari ketiga, eNHa menjelaskan bagaimana aplikasi terapan lintah dalam mengobati berbagai macam penyakit pada manusia.

Adik cita-citaku terlihat menyimak dengan seksama saat eNHa menjelaskan cara melakukan terapi lintah. Salah satu pasien yang diobati kali ini mengalami keluhan asam urat.

eNHa menerangkan dengan titik-titik yang harus diobati untuk sakit asam urat tersebut, ukuran dan jumlah lintah yang digunakan, lama waktu terapi serta frekuensi lintah itu sendiri.

Selesai melihat dan menerima penjelasan tentang terapi lintah, adik cita-citakupun pamit untuk pulang. Sebagai buah tangan eNHa memberikan beberapa ekor lintah untuk diternakkan oleh adik cita-citaku. Shooting di lokasi budidaya lintah eNHa Farm-pun usai.

Untuk sobat eNHa yang ingin tahu cerita lengkap dari liputan Cita-citaku TRANS7 edisi Budidaya Lintah, jangan lupa saksikan tayangannya pada Senin, 20 September 2010 pkl. 14.00 WIB di TRANS7!

31 Tanggapan to “Lintah Indonesia di Cita-citaku Trans7”

  1. henry Says:

    pak mau tanya biaya training dan berapa hari ya thanks henry

  2. Nurhasan yasin Says:

    Pelatihan bulan oktober tepatnya tgl berapa bos?

    • eNHa Farm Says:

      Pak Nurhasan, Reschedule: Kami akan lakukan Seminar dan Pelatihan Budidaya Lintah pada 27 – 28 November 2010.
      Silahkan klik link berikut untuk info lebih lanjut : http://bit.ly/bwUYCW

  3. henny Says:

    mas alamatnya dimana yah

    • eNHa Farm Says:

      Mbak Henny, lokasi eNHa di Jl. H. Bona Limo Depok.
      Terimakasih untuk atensi dan supportnya.

  4. Alex Sucipto Says:

    Setelah baca artikel sy agak minat tentang bisnis lintah,yg sy pertanyakan bagaimana & kemana pendidstribusian hasil panen lintah???? tolong kirim jawaban ke 081391237055/087837877536
    Terimakasih.

    • eNHa Farm Says:

      Detil end to end prosesnya akan kami jelaskan pada Seminar & Pelatihan Budidaya Lintah pada 27 – 28 November 2010.
      Silahkan klik link berikut untuk info lebih lanjut : http://bit.ly/bwUYCW

  5. jeni Says:

    setelah melihat acra Bapak di Televisi kemarin,Saya tertarik untuk belajar kpada Bapak tentang Budidaya Lintah kpd Bapk.. mungkin boleh saya meminta no hpe Bapk di no hpe saya: 081932061890

    • eNHa Farm Says:

      Pak Jeni, untuk detilnya silahkan mengikuti Seminar & Pelatihan Budidaya Lintah Pertama di INDONESIA! yang akan eNHa lakukan pada 27 – 28 November 2010.
      Klik link ini untuk info detilnya : http://bit.ly/bwUYCW

  6. fahru roji Says:

    saya mempunyai seorang anak laki -laki yg berusia 8th dan dan duduk di kelas 2 SD Bakti NUsantara cileunyi kab Bandung dia ingin sekali mengikuti program cita-citku yang ditayangkan di TRANS TV mungkin ada yang tau cara pendaftarannya tolong kirimkan ke email saya (fahrurafly@yahoo.com)

    • noni dan vivi dan nita Says:

      saya mempunyai seorang anak perempuan 3 orang berusia di padang sumatra barat bukitiggi maninjau dia ingin sekali mengikuti program citacitaku yg ditayang kan di
      TRAN TV mungkin ada yg tau cara pendaftaran nya

      • eNHa Farm Says:

        Bu Noni, silahkan kirimkan saja ke email redaksi Trans 7 di : public.relations@trans7.co.id
        Akan ada audisi untuk mencari figur yg cocok dengan jalan ceritanya. Jika putri Ibu berminat, kirimkan saja requestnya.
        Salam SUKSES!

    • noni dan vivi dan nita Says:

      saya mempunyai seorang anak perempuan 3 orang berusia di padang sumatra barat bukitiggi maninjau dia ingin sekali mengikuti program citacitaku yg ditayang kan di
      TRAN TV mungkin ada yg tau cara pendaftaran nya tolong kirim kan keemail saya
      (vivioktavia81@yahoo.co.id
      TOLONG DI BALAZ
      ANDES TEN

      • eNHa Farm Says:

        Bu Noni, silahkan kirimkan saja ke email redaksi Trans 7 di : public.relations@trans7.co.id
        Semoga SUKSES!

  7. noni dan vivi Says:

    kami ingin masuk tv naik delman dan mencari pengsi dan untuk di jual ke bukik tiggi?BALAZ

  8. mario Says:

    bagaimana cara daftar cita-citaku trans 7?

  9. Rangga Says:

    bagai mana yach cara daftar cita citaku trans7 ??
    tolong di balezz yach….

  10. muhammad chasful anwar Says:

    nama saya MUHAMMAD CHASFUL ANWAR saya ingin sekali masuk program acara cita-citaku bersama teman saya tolong ya tim cita-citaku hub:03177671393 atau datangi rumah saya surabaya,sidoarjo jl.raya kludan perumahan permata blok e4.05.
    terima kasih tim cita-citaku.

  11. alwustha souvenir Says:

    di bandung di Mana ya bisa ditemukan pengobatan lintah ini?

  12. andri Says:

    gimana cara ikutan cita – citaku di trans7 coz murid disekolahku pengen ikutan masuk di cita-citaku makasih

  13. odeadyasa Says:

    kak saya ingin ikut program cita citaku bersama teman teman saya saya berada di bali saya bersekolah di sd 22 dauh puri denpasar bali saya ingin menjadi koki tolong di datangi ya kak saya kelas 4c makasi balas

  14. muhammadsandi Says:

    kk saya ingin masuk cita cita di trans7 saya pengen masuk tv
    saya tinggal di kota singkawang alamat jl pelita dekat stadion kridasana

    • Sandi Muhammad Sandimuhammad Says:

      kk saya ingin masuk cita citaku di trans7 saya tinggal di kalimantan barat kota singkawang alamat jl pelita dekat stadion kridasana
      ada buka warnet ada ruko 4 dekat kantor ld

  15. muhammadsandi Says:

    kak saya ingin ikut program cita citaku bersama teman teman saya
    saya berada kalimantan barat kota singkawang saya bersekolah di sd 14 singkawang barat saya ingin menjadi tentara tolong di datangin ya kakak saya kls 6 terimakasih nanti dibalas ya kakak

  16. muhammadsandi Says:

    kk saya ingin ikut program cita citaku bersama teman teman saya
    saya berada di kota singkawang kalimantan barat saya bersekolah di
    sd 14 singkawang barat saya ingin menjadi tentara tolongya di datangin
    kakak aku kelas 6 terima saya terimakasi tolong di balas ya ka.

  17. moses Says:

    saya dan teman teman saya ingin sekali masuk program cita citaku
    jika kakak mengijinkan telp rumah saya 021 5922562 atau kerumah saya jalan villa tomang baru blo h1 no 17 saya dan teman teman menunggu kehadiran kakak

  18. moses Says:

    saya dan teman teman saya ingn sekali bisa membuat arena tamia atau tamianya, saya bersekolah di sd bonavita kota tangerang banten usia saya 10 tahun saya duduk di kelas kelas 5

  19. vinsensia selvira Says:

    kakak saya mau ikut citacitaku dong bersama teman2 saya . saya sekolah di sd santa maria jl. a.yani pekan baru . saya ingin menjadi pemilik butik dan desainernya .
    saya kelas 5.
    balas ya !!!

  20. arya zamzami Says:

    saya arya,fikri,deril,faisal,taufik.kami semua ingin ikut cita-citaku
    kami semua ingin jadi pengusaha pizza terkenal
    rumah kami di komplek duta bintaro cluster ubud 2
    balas ya cita-cita ku trans 7 plissssssss…………….

  21. wahyu rosadi Says:

    wahyu rosadi
    sptember 18 2011 pukul 11:27 AM
    kk saya mau ikutan cita citaku dong bersama teman temanku .saya ni nomor saya hubungi saya ya no 081399388121\ datang ke depok cimanggis RT 04 RW 008 JL bakti abri sentana ,saya ingin jadi pemadam kebakaran balas ya ka

  22. muhqmmd rozzie Says:

    kakak aku mau ikut cita-citaku dong plaes…,aku tingal di aceh jaya, aku mau cita2ku jadi seoarng ilmuan kompeuter


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: