Lintah, Si Mungil Sarat Manfaat


Lintah si penyembuh

Lintah si penyembuh

Tak banyak yang tahu kalau lintah bermanfaat besar bagi kesehatan tubuh. Lintah ternyata berkhasiat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Beberapa penyakit yang dapat diatasi dengan memanfaatkan lintah di antaranya adalah hipertensi, sakit kepala,varises, hingga gangguan nyeri sendi. Minyaknya bahkan konon berkhasiat untuk keperkasaan pria! Sedangkan bubuk lintah yang dibuat dari lintah kering biasa digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat kosmetik.

Penggunaan lintah sebagai media pengobatan ini sendiri sebenarnya sudah dilakukan sejak abad ke-17. Ketika itu, lintah biasa digunakan di banyak rumah sakit untuk pasien-pasien pasca operasi. Lintah juga yang dipakai untuk membersihkan jaringan darah yang membeku. Itu berkat kandungan zat antikoagulan (anti penggumpalan darah) di dalam air ludahnya yang disebut hirudin. Adapun jenis lintah yang digunakan adalah jenis hirudo medicinalis.

Kini, dunia medis pun mulai menggunakan kembali pengobatan dengan

Kecil tapi sarat manfaat

Kecil tapi sarat manfaat

lintah. Di Amerika, lintah mulai diteliti untuk mengobati gangguan darah, hati, dan paru-paru.Lintah juga mulai dipromosikan manfaatnya untuk menyembuhkan gangguan-gangguan yang terjadi setelah pembedahan mikro seperti pencangkokan kulit.

Karena langkanya lintah jenis hirudo medicinalis, saat ini para ilmuwan tengah meneliti manfaat lintah jenis lainnya. Ada dua spesies yang diteliti yaitu Gnathobdellida dan Rhynchobdellida. Spesies pertama adalah yang menggigit kulit dengan cakaran gigi kitinnya, lalu menyuntikkan hirudin melalui bagian luka itu. Jenis yang kedua adalah yang memiliki semacam belalai yang dapat ditusukkan ke tubuh mangsanya dan memasukkan zat antikoagulan lainnya yang disebut hementin.

Nah! Anda tertarik untuk membuktikan khasiat lintah? Silakan mencoba!

6 Tanggapan to “Lintah, Si Mungil Sarat Manfaat”

  1. Andang Tri Says:

    Terimakasih untuk sharingnya. Informasinya ok punya. Keep posting.

  2. eNHa Farm Says:

    Terimakasih atas kunjungannya Pak. Kami akan selalu infokan semua pengalaman kami tentang budidaya dan efektifitas pengobatan dengan lintah.

  3. Triwanto Says:

    Artikel yang bagus pak….

    Untuk anda yang berada di ciledug, tangerang, kebon jeruk, jak~sel & sekitarnya. Terapi SEDOT LINTAH, SENGAT LEBAH, BEKAM, REIKI, GURAH, EAR CANDLE, MEDIPIC, CHIROPRACTIC YUMEIHO DLL.
    Berada di :

    CIPADU HOLISTIC CENTRE { CHC } JL. Cipadu raya no 4, kreo, ciledug. Telp 02136382223 / 02193340413

    Tarif terapi hanya @ Rp.50.000; an aja.

    • eNHa Farm Says:

      Terimakasih Pak Triwanto. Sukses tuk CIPADU HOLISTIC CENTRE { CHC }!

  4. One Stop Therapy di Cipadu Holistic Centre « Lintah Indonesia Says:

    […] unik, berbeda dengan terapi bekam pada umumnya, tempat ini memanfaatkan LINTAH sebagai media bekam. Penggunaan LINTAH ini justru lebih efektif untuk mengobati penyakit yang […]

  5. shafiyah farm Says:

    pak, apa sudah ada asosiasi peternak lintah yg resmi berdiri di Indonesia? kalau sudah ada bagaimana cara ikut serta di dalam asosisai tersebut? terima kasih🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: