5 Tanda-tanda Utama Penyakit Jantung


Ketika dada terasa sakit, dikiranya ada gangguan pencernaan. Ketika napas terasa berat setelah olahraga atau jalan-jalan, dikiranya masalah paru-paru. Jika Anda berpikir demikian, Anda salah. Semua gejala yang sering dianggap remeh itu adalah gejala penyakit jantung.

Bill Clinton menderita penyakit jantung

Banyak orang yang merasa dirinya sehat sering meremehkan gejala itu dan menganggapnya hal biasa. “Hal itu sering terjadi setiap waktu, setiap minggu, setiap hari. Banyak orang yang secara fisik tampak sehat tapi mengeluh seperti itu,” ujar pakar kardiolog Dr Kenneth Rosenfield seperti dikutip dari CNN, Jumat (19/2/2010).

Minggu lalu contohnya, mantan presiden Bill Clinton masuk rumah sakit setelah mengalami rasa tidak nyaman pada bagian dadanya. Clinton yang pernah menjalani operasi pada tahun 2004 mulai merasa lelah pada saat natal.

“Saya tidak terlalu memperhatikannya hingga sekitar 4 hari yang lalu saya merasa sedikit sakit di dada dan merasa perlu memeriksakan diri,” katanya.

Tanda-tanda penyakit jantung atau pembuluh arteri terhambat sebenarnya berbeda-beda tiap orang. Untuk itu tiap orang sebaiknya tahu gejala apa saja yang mengindikasikan penyakit jantung, karena suatu gejala bisa saja berbeda dari yang lain.

Menurut American Heart Association, National Heart Lung and Blood Institute dan Mayo Clinic, tanda-tanda berikut perlu dicurigai sebagai penyakit jantung.

1. Rasa tidak nyaman pada dada
Meski tidak semua orang mengalaminya, namun rasa tidak enak atau sakit di dada adalah tanda umum penyakit jantung. Rasa sakitnya memang tidak terlalu berat tapi terjadi rutin. Rasa sakit itu relatif sedang dan sering hilang muncul.

Rolanda Perkins (39 tahun) baru saja mengalami serangan jantung dua minggu lalu. Awalnya ia mengabaikan rasa sakit di dada karena dikiranya itu hanya masalah pencernaan.

“Saya tahu ada sesuatu yang salah dengan sakit itu, tapi saya kira itu hanya masalah pencernaan saja. Rencananya saya akan pergi ke dokter besok pagi tapi ternyata sebelum pagi itu datang saya sudah sesak nafas dan kena serangan jantung,” tutur Parkins.

Parkins yang kini rutin menjalani olahraga mengatakan bahwa seseorang sebaiknya mendengarkan apa yang tubuh coba katakan melalui suatu tanda. “Tubuh saya berusaha mengatakan sesuatu waktu itu tapi saya tidak mendengarkannya,” ujar Parkins.

2. Rasa tidak enak pada bagian atas tubuh

Dr Rosenfield dari the Massachusetts General Hospital mengatakan bahwa rasa sakit di beberapa bagian atas tubuh bisa mengindikasikan penyakit jantung. “Saya sering mengatakan pada pasien bahwa gejala yang terasa di daerah pinggang ke atas patut dicurigai penyakit jantung,” ujar Dr Rosenfield.

Rasa sakit, berat dan tidak nyaman di daerah punggung, leher, lengan, pinggul, bahu, siku, rahang, tenggorokan hingga daun telinga juga berhubungan dengan penyakit jantung. Tapi tentu saja rasa tidak nyaman di daerah itu belum tentu juga penyakit jantung.

Untuk itu, pastikan Anda tahu riwayat penyakit keluarga apakah ada yang punya penyakit jantung atau tidak. Jika ya, kemungkinan gejala-gejala di daerah itu juga merupakan tanda penyakit jantung

3. Masalah pencernaan

Dr Malissa Wood dari Harvard Medical School mengatakan ada hubungan yang sangat erat antara masalah pencernaan dengan jantung. Ketika Anda sering merasa sakit perut dan mual-mual tanpa sebab, bisa jadi itu pertanda ada masalah di jantung.

Dan hal itu memang benar-benar terbukti saat Dr Wood mengalami gejala itu. Setelah dicek, ternyata 92 persen pembuluh koronernya sudah terhambat dan harus segera dilakukan operasi. Jadi ketika Anda sering mengalami masalah pencernaan, ditambah punya tekanan darah tinggi, segera periksa ke dokter.

4. Gejala flu

Ketika seorang pasien yang rutin melakukan pemeriksaan jantung EKG tapi merasa tidak punya gejala penyakit jantung ditanya ‘Apakah Anda punya tanda-tanda penyakit jantung?’, ia menjawab tidak. Tapi ia mengaku sering mengalami flu berat.

Dr Robert Superko, pengarang buku ‘Before the Heart Attacks’ menyebutkan bahwa gejala lelah, capek atau tidak enak badan sering dikaitkan dengan gejala flu, padahal menurut Dr Robert itu adalah salah satu gejala penyakit jantung yang seringkali tidak terdiagnosa.

5. Napas pendek

Napas pendek adalah tanda yang paling harus dicurigai sebagai penyakit jantung, bahkan jika Anda tidak punya gejala sakit dada atau gejala penyakit jantung lainnya.

Jika Anda punya tanda-tanda seperti di atas sebaiknya segera periksakan ke dokter karena Anda tidak pernah tahu terkena penyakit jantung atau tidak sampai memeriksanya dengan pasti. (Sumber: http://health.detik.com)

About these ads

17 Tanggapan to “5 Tanda-tanda Utama Penyakit Jantung”

  1. Carissha Says:

    Selamat siang!
    Salam sejahtera selalu buat Anda!
    Hidup adalah perjuangan.
    Perjuangan harus disertai pengorbanan dan pengorbanan tdk hanya harta tetapi hal yg maya seperti waktu, kita juga harus meluangkan waktu untuk sekedar silaturahmi seperti ini. Jadi luangkanlah sedikit waktu untuk saling kunjung.
    Sebuah renungan dari BULENTIN
    Salam hangat untuk Anda dari
    “CARISSHA”
    selamat berakhir pekan bersama keluarga dan orang2 terkasih disekeling Anda!

    • eNHa Farm Says:

      Salam kenal Carissha,
      Terimakasih sudah mampir.
      Note: Blog kamu informatif lhoo. Keep writing and sharing!

  2. Triwanto Says:

    Untuk mengatasi segala macam keluhan problem jantung. Seperti jantung koroner, jantung bengkak, bocor, cardiovascular, penyempitan, arterioclerosis, colesterol dll. Pokoknya problem2 yang berhubungan dengan kekentalan darah, plak/penyumbatan, kekakuan pembuluh darah dll. Kombinasi terapi BEKAM, SEDOT LINTAH, HYPOTERMAL, MOCSABUSI, REIKI/PRANA yang kami persembahkan. Alhamdulillah telah banyak yang kembali menjadi sehat / sembuh. Buktikan segera,tidak ada salahnya anda mencoba. Karena tarif terapi kami hanya @ Rp.50.000; an aja.

    Dapatkan semuanya hanya di CIPADU HOLISTIC CENTRE { CHC } JL.CIPADU RAYA NO 4,KREO, CILEDUG. Telp 02136382223 / 02193340413
    +/- 500 m di belakang GIANT KREO.

  3. vtrediting Says:

    Salam sehat untuk Sahabat Pemilik Blog ini. Salam kenal dan semoga dalam kita membagikan pengalaman dalam hal kesehatan mendapatkan tempat di hati pembaca blog yang sedang dirundung kena penyakit.

    • eNHa Farm Says:

      Salam kenal juga Mbak.
      Senang bisa berkenalan Mbak. Terimakasih sudah mampir.
      Blog Mbak bagus dan memberi banyak inspirasi. Kapan-kapan boleh saya belajar Yoga kan?

  4. yosef Says:

    selain di ciledug apa ada di kota lain untuk memperoleh terapi2 tsb. domisili saya di surabaya. thanks

    • eNHa Farm Says:

      Pak Yosef,
      Beberapa rekanan kami juga ada di wilayah dekat Surabaya (Sidoarjo), antara lain:
      1. Pak Subagio
      Alamat : Dusun Tundungan RT.01/02 Desa Sidomojo, Kec : Krian, Kab: Sidoarjo 61262
      2. Pak Nanang
      Alamat : Klinik Alternatif sambung nyowo. Jl. Jendral S. Parman Gg.4B No. 39B Waru, Sidoarjo

      Silahkan menghubungi alamat klinik diatas Pak. Semoga lekas sembuh.

      • kholil Says:

        terimakasih nh farm atas kiriman lintahnya, sekarang ibu saya agak enakan setelah saya terapi lintah sendiri, dan luka dikakinya sudah kering dan mengecil, semoga beberapa terapi lagi luka dikakinya akan sembuh amin….

      • kholil Says:

        terimakasih nh farm atas kiriman lintahnya, sekarang ibu saya agak enakan setelah saya terapi lintah sendiri, dan luka dikakinya sudah kering dan mengecil, semoga beberapa kali terapi lagi luka dikakinya akan sembuh amin…., dan saya juga menerima pasien dg tarif seikhlasnya, alhamdulillah tiap hari ada 3 s/d 5 pasien alamat;jl. Pacar keling 3 no.44 kec.Tambaksari SURABAYA TELP:031-77944367

  5. CIPADU HOLISTIC CENTRE Says:

    Mohon maaf,untuk sementara CHC hanya berada di ciledug saja. Tapi kami telah banyak kedatangan pasien2 dari luar jawa,bahkan luar negri. Biasa nya pasien2 kami yang jauh2 dr luar jawa,rata2 adalah yang mempunyai anak,kerabat,atau famili di jakarta.
    T’s

  6. Tabib M. Sofyan Hadi, Acp Says:

    KLINIK HIRUDO THERAPY PLUS – Biaya Murah Terjangkau ( Jaktim )

    Klinik Hirudo / Terapi Lintah Plus !! Komposisi tepat atasi penyakit kronis dan membandel dgn Menggunakan Metode Multi Terapi : Terapi Lintah + Akupunktur, Moksibasi, Hijamah, Bio Listrik, Prana (Tergantung Diagnosa) + Herbal Berkualitas. Dengan Biaya Murah Terjangkau, hanya bisa Anda dapatkan di KLINIK BERKAH SEHAT ALAMI
    Pusat Pengobatan Multi Terapi.
    Alamat Praktek :
    Jl. Kerja Bakti RT 06/10 No. 51d Kramat Jati Jakarta Timur.
    Website : http://www.klinikberkahsehatalami.blogspot.com
    Tlp: (021) 70145484 – 081310444295.
    MENERIMA PANGGILAN KE RMH / APRTMN.

  7. Ria Says:

    Saya ingin tanya, apa anak-anak juga ada potensi kena penyakit jantung?

  8. rip_rop Says:

    salamat sehat buat si penulis…
    saya juga mau tanya tentang penyakit jantung…
    saya laki” berusia 19 tahun…
    jujur, saya tidak pernah merokok, dan saya sangat sekali jarang minum kopi(setahun mungkin bisa dihitung pake jari)…
    tapi saya kok gampang capek ya,.. saya lari 2km aja uda ngos”an…
    trus saya juga pernah mengalami sakit didada(kadang dada bagian kanan, kadang juga dada bagian kiri) kalau saya bernafas, pasti dada saya sepertinya ditusuk, jadi saya tahan nafas, sampai rasa sakit itu hilang,..
    saya juga sering berkeringat,..
    apa itu semua tanda” penyakit jantung…???
    trus penangan dini untuk penyakit jantung bagaimana….???
    thx before… :D

  9. elys Says:

    Terima kasih atas smua ulasan mengenai tanda-tanda penyakit jantung…..

  10. bre Says:

    saya pernah periksa, tp ternyata gag apa2,, pdhl rasanya sakit.

  11. oci Says:

    nICE info !!
    Coba juga kebiasaan sehat ini deh, sobat :
    1. 2 Bulan sekali Bekam
    2. 3 bulan sekali donor darah
    3. 6 bulan sekali general check up
    Pernah dialami suami sakit pada dada bagian belakang. Dokter memberikan obat dengan saran “jika dlm sebulan msh sakit, berarti jantung”. Stelah saya ceritakan kebiasaan diatas, dan konsultasi obat (mungkin bkn obat yaaa….) yang kami konsumsi ( habbatusaudah, minyak zaitun, teh daun jati china) ternyata itu aman eh….dokternya juga konsumsi….Lalu menurut dokter, donor darah bisa mengurangi 30% resiko jantung. lalu, donor darahlah suami, yang memang udah waktunya. Alhasil !!! rasa sakit keesok harinya tidak lagi terasa… Keyakinan juga perlu prens! yakin sembuh dari dalam diri sendiri, yakin gak ada jantung, yakin, yakin,…..untuk menimbulkan sugesti sehat!!

  12. Musliadi Says:

    Trims ya atas imformasinya,,,,,,ini sngat berguna bagi sya


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 91 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: