Lintah untuk Pengobatan


Lintah yang digunakan untuk pengobatan terdiri beberapa jenis lintah tetapi paling sering dari jenis Hirudo Medicinalis di wilayah Eropa dan Hirudinaria Manillensis di wilayah Asia. Secara umum morfologi jenis lintah di atas sama seperti lintah kebanyakan. Dimana jenis lintah dewasa dapat mencapai ukuran panjang hingga 20 cm dengan warna dominana hijau, cokelat atau cokelat kehijauan dengan warna di bagian dorsal yang lebih gelap dan ventral lebih terang.  Lintah jenis ini tersebar luas di hampir seluruh Eropa dan ke Asia.

Rawa habitat alami lintah

Habitat utama spesies Hirudo adalah rawa-rawa air tawar yang berlumpur dan banyak alur selokan yang dipenuhi tumbuhan gulma. Lintah hidup dengan menempelkan dirinya ke tubuh hewan-hewan vertebrata melalui pengisap di kedua ujung mulutnya, menusuk kulit hewan,  menyuntikkan anti-koagulan (Hirudin) dan anestetik sebelum mengisap darahnya. Lintah ukuran dewasa dapat mengkonsumsi darah hingga 15 gram dalam satu kali makan.

Lintah adalah hewan hermafrodit dan bereproduksi dengan perkawinan seksual. Lintah bertelur di cengkeraman ditengah perutnya namun dengan tubuh tidak berada di bawah air. Lokasi favorit reproduksi lintah adalah wilayah yang memiliki naungan dan lembab.

About these ads

Satu Tanggapan to “Lintah untuk Pengobatan”

  1. Triwanto Says:

    Terapi sedot lintah di wilayah ciledug & sekitarnya, ada di CIPADU HOLISTIC CENTRE { CHC } JL.CIPADU RAYA NO 4, KREO, CILEDUG. Telp 02136382223 / 02193340413 Tarif terapi hanya Rp.50.000; aja..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 91 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: